Tuesday, January 20, 2009

Gerak Azali

Semua yang dapat bergerak di alam ini, seperti gerakan planet-planet, gravitasi, pasang surut adalah fenomena alam yang tunduk kepada hukum matematis, karenanya kita dapat mengenal alam. Kenyataan ini menunjukkan adanya suatu intelegensia yang memberi tempat kepada susunan planet-planet di angkasa dan memberi perangsang untuk gerakannya dan membukti kan Tuhan itu ada. Semua yang dapat bergerak di alam ini seperti gerakan planet-planet, gravitasi, pasang surut adalah fenomena alam yang tunduk kepada hukum matematis, karenanya kita dapat mengenal alam. Kenyataan ini menunjukkan adanya suatu intelegensia yang memberi tempat kepada susunan planet-planet di angkasa dan memberi perangsang untuk gerakannya dan membukti kan Tuhan itu ada.

Gerakan planet-planet, gravitasi, pasang surut adalah fenomena alam yang tunduk kepada hukum matematis, karenanya kita dapat mengenal alam. Kenyataan ini menunjukkan adanya suatu intelegensia yang memberi tempat kepada susunan planet-planet di angkasa dan memberi perangsang untuk gerakannya dan membuktikan Tuhan itu ada.

sebagai sebab akhir dari semua gerakan
sebagai sebab akhir dari semua peristiwa
sebagai dasar yang wajib dari semua kemungkinan
sebagai sebab yang sempurna dari semua kesempurnaan
sebagai sebab dari pada kepatutan tertuju semua kepada tujuan dari alam nyata.

Dzat Allah ialah Dzat Mutlak yang menerangkan sifat-sifat kesempurnaan daripada semesta alam, karena Dzat Allah lah sebab dari semua keadaan yang diturunkan.

Ada tiga hal penyebab berlangsungnya suatu Gerak

- Gerakan yang sebabnya datang dari luar, misalnya kita menggerakan sesuatu
- Gerakan asli, misalnya jatuhnya sesuatu yang berat ke tanah
- Gerakan yang sebabnya datang dari dalam.

Sebab yang menggerakan seperti pada manusia yang berbuat dan berpikir bebas, senantiasa masih berhubungan dengan keadaan diluar yang menjadi sebab penggerak, yang menjadi akibat sendiri dari sebab penggerak yang ada diluarnya : jadi senantiasa ada penggerak yang umumnya digerakkan sendiri. Kita menggerakan sesuatu benda, maka tangan kita yang menggerakan sesuatu itu digerakkan oleh otak dan otak digerakkan oleh kesan inderawi dan nalar. Inderawi digerakan oleh rangsangan dari luar dan perangsang ini berasal dari pangkal yang mengadakannya, tetapi oleh karena rentetan sebab-sebab, penggerak ini tak mungkin ada akhirnya, maka haruslah ada sebab peng gerak pertama, yang tidak bergerak sendiri dan tidak menggerakan diri sendiri, karena bila tidak demikian, maka sebab penggerak pertama menjadi kemungkinan yang berbuat, yang memerlukan sebab penggerak lagi untuk bergerak. Penggerak pertama ialah Allah Yang Maha Kuasa.

1 comments:

Anonymous said...

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamualaikum. Wr. Wb
Allahumma Shalli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad


si akang teh emut keneh henteu nya???
sono kang, masih di riung? no.tlp antum teu aya
anu tiasa dikontak deui :)

Wassalam

Post a Comment

 
© Copyright 2012 RasaDzaati
Alwinz